05 Maret 2012

Negeri Saleman, Negeri Penuh Pesona

Indonesia Timur memang surganya para pecinta keindahan alam, terutama keindahan wisata baharinya. Indonesia Timur tak ubahnya seperti sebuah peti harta karun, yang menyimpan sejuta pesona. Siapapun pasti ingin menjamah keindahannya. Pasir pantai yang putih halus, lautan yang biru jernih, terumbu karang yang berwarna-warni, ikan-ikan yang menari, ah rasanya kata-kata tak akan pernah cukup untuk menggambarkan keindahannya. 

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang Kepulauan Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, ataupun Taman Nasional Wakatobi. Tapi bagaimana dengan "Negeri Saleman"? Pernah mendengar sebelumnya?

Negeri Saleman [sumber]


Sayapun baru mengetahui keberadaan "Negeri Saleman" ini malam tadi, kala iseng membaca sejumlah blog-traveling. Secara geografis, Negeri Saleman berada di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Negeri Saleman ini menghadap langsung ke Teluk Saleman, Pulau Seram. Dan rupanya Pulau Ora yang luar biasa indahnya, terletak tak jauh dari Negeri Saleman, sekira 15 menit dengan menggunakan speedboat.

Negeri Saleman, dikelilingi bukit karst yang menjulang pipih seperti di Kepulauan Raja Ampat. Tebing-tebing tersebut tingginya mencapai 400 meter dan dirimbuni oleh berbagai vegetasi tropis. Perairan di Negeri Saleman sangatlah jernih, terumbu karang yang masih terawat dapat terlihat jelas dari atas permukaan air.

Tebing-tebing Karst di Pulau Ora [sumber]

Konstruksi rumah-rumah di Negeri Saleman pun sangat unik. Rumah-rumah kayu tersebut didirikan warga di atas permukaan air. Konstruksi rumah inilah yang kemudian diadopsi oleh Ora Beach Resort, sebuah penginapan eksotis di Pulau Ora. Pasti sangat menyenangkan, memiliki rumah dengan lautan biru sebagai halamannya.

Cocok untuk berbulan madu  [sumber

Cottage-nya berdiri di atas laut [sumber]   

Selain keindahan lautnya, Negeri Saleman juga memiliki potensi wisata lain yang tak kalah uniknya. Seperti "Air Belanda", sebutan penduduk lokal kepada sebuah aliran sungai kecil yang bermuara ke Teluk Saleman. Pada zaman kolonial, "Air Belanda" ini sempat dijadikan basis pertahanan Belanda. Di lokasi "Air Belanda" ini juga pengunjung dapat menyaksikan ribuan Lusiala --sejenis burung-- yang berterbangan keluar dari tebing-tebing karst kala petang tiba.

Suatu hari saya harus pergi ke Negeri Saleman! Amiin.

Tebing karst yang rimbun dipadu dengan air laut yang jernih [sumber]

4 komentar:

  1. indah banget brow.... blog ini bakal w kunjungi terus.... kalo jalan2 jangan lupa info penginapan dan apa aja yang murah ya bro :D hehehe itu bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bro! Wah idenya boleh juga, nanti saya bikin rubrik logistik yang isinya mengulas budget jalan-jalan. Mulai dari transport, penginapan, makanan, sampai kegiatan wisata lainnya. :D

      Hapus
  2. Budget buat kesana berapa yah?

    BalasHapus
  3. Negeri Saleman memang indah !
    Cek my site : http://wangirumput.blogspot.com/; ada catatannya di sana.
    Please leave a comment.

    BalasHapus