16 November 2011

Sisi Lain Tangkuban Perahu

Kawasan wisata alam Gunung Tangkuban Perahu menyajikan keindahan alam yang memukau. Kawah vulkanik yang bergejolak dibalut keasrian hutan pegunungan, menjadi magnet pariwisata Jawa Barat. 

Kawah Upas

Kawah Upas, Gunung Tangkuban Perahu
Kawah Ratu, menjadi spot utama para wisatawan berkunjung ke Tangkuban Perahu. Di sisi lain, Tangkuban Perahu masih menyimpan keindahan alam yang tak kalah uniknya. Kawah Upas misalnya, kawah yang berdampingan dengan Kawah Ratu ini di kelilingi hutan dataran tinggi yang rindang. Di dasar Kawah Upas bahkan tumbuh subur pepohonan.


Jalan setapak menuju Kawah Upas
Untuk mencapai Kawah Upas, kita perlu memutari Kawah Ratu hingga nanti dijumpai sebuah gapura kayu yang menunjukan arah ke Kawah Upas. Selama perjalanan menuju Kawah Upas, pengunjung akan dimanjakan dengan lebatnya hutan yang meneduhi jalanan berbatu. Selain itu, selepas gapura, pengunjung juga akan melewati sebuah jembatan kayu yang sangat unik. Tak jauh dari bibir Kawah Upas, pengunjung akan melewati lorong sempit yang diapit bebatuan besar di kanan kirinya.

Tebing pemisah Kawah Ratu dan Kawah Upas

Kawah Domas

Dinding Kawah Domas

Lain halnya dengan Kawah Domas, kawah ini dapat dikunjungi wisatawan hingga ke dasarnya. Di dasar kawah Domas terdapat sumber mata air panas. Rekahan-rekahan di dasar kawah memancarkan air panas alami, sehingga terbentuk beberapa kolam air panas. Pengunjung dapat santai berendam dalam kolam-kolam air panas alami ini. Suhu airnya yang benar-benar panas dan kaya akan belerang, dipercaya mampu mengusir pegal dan berbagai macam penyakit kulit. Di beberapa kolam dekat sumber pancaran air panas, pengunjung bahkan dapat merebus telur. Sebuah pengalaman yang sangat unik.

Di dasar Kawah Domas
Memandang Bandung dari Kawah Domas

Untuk mencapai Kawah Domas, terdapat dua jalur utama. Pertama dalam perjalanan menuju Kawah Ratu, pengunjung dapat memarkir kendaraannya di gerbang masuk Kawah Domas yang terletak di sebelah kanan jalan. Dari gerbang ini pengunjung melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Kedua, dari area parkir di puncak Kawah Ratu, terdapat tangga berbatu yang menurun menuju Kawah Domas. Alas kaki yang digunakan perlu diperhatikan karena jalur menuju Kawah Domas ini masih berupa tanah berbatu, sehingga sangat licin apabila hujan turun.

Jalan setapak menuju Kawah Domas dari puncak Kawah Ratu

6 komentar:

  1. ini semua kawah ada di gunung tangkuban perahu?? trus dalam 1 hari bisa menjelajah semuanya?

    BalasHapus
  2. Iya kaka, kawah-kawah ini masih di kawasan Tangkuban Perahu.

    Yup, dalam 1 hari semua kawah ini bisa dijelajahi dengan berjalan kaki. Di sarankan datang pagi-pagi, sekira jam 9 / jam 10.

    BalasHapus
  3. baru tau ternyata di tangkuban perahu masih banyak yang belum saya jelajahi kaka :(

    BalasHapus
  4. itu kawah domas asyik loh te: berendem aer panas, luluran pake lumpur, sauna alami.

    BalasHapus
  5. emng kamu pernaj nyobain luluran :p

    BalasHapus
  6. ya udahlah, di kawah domas bareng bule dari jepang \:D/

    BalasHapus